Asuransi Mobil
Source: https://www.pexels.com/

Ketika mobilmu mengalami kecelakaan, segera cek polis asuransi mobilmu.. Apakah masih aktif?

Jika masih aktif, segeralah menghubungi agen atau broker asuransimu untuk melaporkan klaim yang terjadi. Biasanya masa pelaporan maksimal adalah 7 hari sejak tanggal kejadian. Pelaporan bisa melalui telpon, email atau e-claim yang sudah disediakan oleh beberapa perusahaan asuransi saat ini. Jika pelaporan melebihi batas waktu yang ditentukan, maka klaimmu bisa ditolak lho..

Kemudian, kamu juga perlu mengecek apakah kamu sudah membayar premi asuransi mobilmu? Jika belum membayar dan sudah melewati masa tenggang, maka itu juga bisa menjadi salah satu penyebab penolakan klaim asuransi mobilmu.

Selain dua penyebab di atas, masih banyak lagi beberapa kondisi polis yang harus ditaati dan dijalankan. Apakah konsekuensi jika tidak ditaati?

Pastinya klaim asuransi mobilmu akan ditolak.

Beberapa penyebab klaim asuransi mobilmu ditolak adalah sebagai berikut:

1# Melanggar peraturan lalu lintas termasuk pelanggaran pada rambu lalu lintas, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), mengemudikan kendaraan pada kondisi mabuk, dan sebagainya.

2# Kendaraan kamu membawa muatan yang berlebih dari yang sudah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan dan standar pabrikan.

3# Kendaraan kamu tidak laik jalan dan tetap dipaksa dijalankan.

4# Menggunakan mobil selain dari yang tercantum di polis. Misalnya dalam polis asuransi mobilmu digunakan sebagai mobil pribadi, sedangkan pada saat klaim diketahui sedang membawa penumpang.

5# Mobil digunakan untuk perlombaan, latihan, pawai, unjuk rasa, dan kampanye.

6# Dikarenakan oleh hipnotis, penipuan, dan penggelapan.

7# Dikarenakan oleh pencurian yang dilakukan oleh anggota keluarga sendiri termasuk oleh orang yang bekerja pada kamu seperti pembantu dan supir.

8# Kerusakan mobil akibat tindakan sengaja yang dilakukan oleh kamu sendiri.

Ketika pengajuan klaim juga kamu harus memberikan informasi yang benar mengenai kronologi klaim dan informasi lain yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi, karena jika nantinya diketahui kamu memberikan informasi yang salah dengan sengaja, maka klaim asuransi mobil kamu bisa ditolak juga.

Lengkapi juga dokumen klaim yang dibutuhkan, jangan terlalu lama ya.. karena biasanya perusahaan asuransi memberikan tenggat waktu maksimal 12 bulan untuk melengkapi dokumen yang dipersyaratkan. Seharusnya waktu ini sangat cukup ya..

yang terakhir, kamu juga wajib menyimpan dan menjaga sisa barang atau bagian dari mobil yang masih bisa diselamatkan karena bagian ini nantinya bisa diminta oleh perusahaan asuransi sebagai sisa barang (salvage).

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan asuransi kendaraan bermotor, kamu bisa akses link berikut:

Perlukah membeli asuransi untuk pengiriman mobil?

Asuransi motor gede (MoGe) dengan premi murah?

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami: Nenden Ayu (081323692390)

Apa saja yang membuat klaim asuransi mobilmu ditolak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!